18 Januari 2010

Asam Urat ( Gout )

Gout adalah suatu penyakit yang di tandai dengan serangan mendadak dan berulang dari artritis yang terasa sangat nyeri karena adanya endapan kristal monosodium urat, yang terkumpul di dalam sendi sebagai akibat dari tingginya kadar asam urat di dalam darah ( hiperurikemia ).

Asam urat adalah Zat yang dihasilkan dari metabolisme purin.
Kadar asam urat dalam serum dan urin tergantung dari : Kandungan purin dalam makanan yang disantap, serta proses metabolisme purin, dan fungsi ginjal.
Hampir 20% penderita gout memiliki batu ginjal.

Gout atau asam urat sangat berhubungan dengan makanan, yaitu berkaitan dengan makanan yang mengandung purin ( senyawa yang muncul dari hasil metabolisme asam urat).
Purin banyak terdapat pada makanan.
Biasanya di dalam tubuh berubah menjadi asam urat. Peningkatan asam urat di dalam darah ditentukan oleh kemampuan dari ginjalnya untuk menetralisasi asam urat di dalam darah.

Bila kadar asam urat darah berlebihan, mekanisme tubuh akan menyebabkan dibuangnya asam urat tersebut melalui urin.
Bila keasaman urin meningkat, dapat terbentuk kristal asam urat dalam saluran kemih.

Kalau kadar asam urat itu sudah terlalu tinggi, ginjal yang bertugas menyaring semakin tidak mampu melakukan fungsinya dan yang terjadi justru ginjalnya akan tersumbat dan menimbulkan kerusakan di ginjal dan bisa menjalar ke pembuluh darah jantung, bahkan menyebabkan kerusakan jantung.

www.medicastore.com
www.klinikku.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar